Tips & Trik Lulus Tes CPNS

Tips & Trik Lulus Tes CPNS

 

Banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk mengikuti tes ini. Dari mulai info dan kejelasan tentang pengangkatan pegawai negeri, sampai peraturan-peraturan yang harus ditaati sebagai calon pegawai negeri. Pemerintah sudah menetapkan tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2017, penetapan tersebut ada tiga kelompok materi seleksi kompetensi dasar.

• Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
Tes TWK adalah tes untuk menguji kemampuan kita dalam mengetahui dan mengamalkan berbagai macam nilai kebangsaan Indonesia. Yang mencakup Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, keBhinekaan Tungga dan Negara Kesatuan Indoensia (NKRI). Sedangkan untuk NKRI sendiri mencakup sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar

• Tes Intelejensi Umum (TIU)
Tes TIU adalah tes dimana kemampuan peserta dalam menyampaikan suatu informasi secara tertulis maupun berbentuk tulisan. Dan juga, dalam tes ini diujikan untuk mengetahui kemampuan peserta dalam melakukan perhitungan angka, operasi dan hubungan diantara angka-angka. Selaindaripada itu, tes TIU juga digunakan untuk mengukur kemampuan untuk berpikir logis atau mampu melakukan penalaran secara runtut dan sistematis,berpikir analitis atau biasa disebut kemampuan mengurai permasalahan.

• Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
Tes ini menguji integritas para peserta , semangat berprestasi, dan skill kreatifitas serta inovasinya. Dalam tes TKP ini juga menilai kemampuan peserta dalam berorientasi kepada pelayanan, kepada orang lain, kemampuan beradaptasi dan mengendalikan diri. Tidak cukup disitu, karena dalam tes TKP juga mencakup tentang penilaian kemampuan bekerja mandiri dan tuntas. Dalam bekerja sama di suatu kelompok serta kemampuan dalam menggerakkan atau mengkoordinir orang lain juga akan terlihat.

 

Untuk materi yang digunakan dalam tes SKB, disiapkan oeleh jabatan fungsional yang bersangkutan. Sedangkan untuk jabatan pelaksana disiapkan oleh instansi yang membidangi jabatan tersebut. dan apabila materi belum siap digunakan, maka akan ditentukan langsung oleh pejabat Pembina kepegawaian instansi yang mengadakan CPNS. Selanjutnya setelah materi sudah dipersiapkan, maka akan dikoordinasikan dalam bentuk CAT Badan Kepegawaian Negara. Tidak semua perserta dijamin lolos dalam tes SKB,melainkan peserta akan diambil hanya maksimal 3 kali dari jumlah calon yang diperlukan oleh intsansi yang dituju tersebut. selain daripada itu, tes yang digunakan tidak hanya sampai pada kompetensi bidang saja, aka nada tes sendiri yang dilakukan oleh instansi yang bersangkutan. Dan dalam pelaksanaan ujian menggunakan system CAT, maka fasilitas computer disediakan oleh BKN. Atau menggunakan fasilitas komputer yang dikelola oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan, atau juga dapat menggunakan fasilitas sendiri yang dikoordinasikan kepada BKN
Dari sabang sampai merauke sejak lama sudah menunggu badan kepegawaian Negara membuka lowongan untuk para calon pegawai negeri sipil dibuka. Untuk itu, info dari jabatan yang bersangkutan mengenai mengangkatan pns baru telah membuka secara resmi lowongan kerja CPNS tahun 2017. Dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus, sampai dengan tannggal 31 Agustus 2017. Untuk masyarakat secara umum dapat membuka situs resmi pendaftarannya pada laman SSCN. tidak heran jika momen-momen ini sangat ditunggu-tunggu oleh semua lapisan masyarakat. Mungkin memang banyak alasan-alasan mengapa tertarik menjadi pegawai negeri sipil. Tapi cukup untuk kita ketahui saja, pendapatan yang diterima juga lumayan besar kalo melihat besaran gaji sipir lapas penjaga tahanan diatur oleh PP Nomor 12 Tahun 2002 tentang perubahan PP Nomor 99 Tahun 2000 tentang kenaikan pangkat pegawai negeri sipil Mengatur PNS dengan pendidikan SMA masuk golongan II a. yang intinya untuk gaji pokonya saja sudah lumayan besar,ditambah lagi tunjangan-tunjanganya.

Dan untuk langkah-langkahnya, sebenarnya mudah. Hanya saja kita perlu teliti dan berhati-hati. Karena kemudahan yang diberikan pemerintah kita bukan untuk dipermudah, tapi untuk dijalani dengan segala aturan-aturanya.

 

Dan perlu kita ketahui, salah satu syarat pokok untuk menjadi seorang PNS haruslah memiliki pengetahuan dan integritas yang tinggi. Dengan merekrut pegawai yang memiliki integritas tinggi, maka sudah bisa dipastikan kinerjanya akan lebih maksimal. Untuk perekrutan PNS ditahun-tahun sebelumnya memang banyak terjadi kesalahan. Dari mulai pendaftaranya masuk menjadi pns saja sudah tidak melalui jalur resmi. Ada beberapa yang melalui jalur sogokan pada oknum tidak bertanggung jawab. Maka dengan adanya sistem baru yang digunakan sekarang, setidaknya ada harapan untuk pemerintahan di Indonesia lebih baik. Dan untuk masyarakat semuanya hendaknya juga menaati peraturan-peraturan yang sudah dibuat oleh menpan dalam perekrutan CPNS tahun 2017.
Selain daripada itu, setelah mendapatkan kartu peserta ujian cpns 2017, hendaknya kita slalu mengingat bahwa tes yang dilakukan pasti banyak saingannya. Perlu adanya persiapan yang matang. Dan haruslah ada cara untuk semua itu. Bagaimana kita mensiasatinya?. Kita perlu bercermin ke banyak orang terlebih dahulu. Banyak orang yang tidak hanya sekali mengalami kegagalan. Maka, pertanyaan yang paling pertama adalah, siapkah anda menghadapi kegagalan?. Kemudaian, jangan berhenti hanya pada step pertama saja. Step keduanya tidak lain dengan menjawab siap. Kemudian lanjutkan dengan pemikiran bahwa haruslah lolos dalam ujian cpns. Apapun resikonya, maka haruslah diterima. Untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan tentunya harus dipersiapkan dengan matang. Contoh, sebelum mendaftar ke instansi yang dituju secara online pada laman sscn.bkn.go.id, pastikan terlebih dahulu apa saja yang diperlukan untuk.
proses pendaftaran online. seperti dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran. Seperti :
1. Kartu Keluarga
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Ijazah
4. Transkrip Nilai
5. Pas foto
6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar
Hal ini secara tidaklangsung menunjukkan bahwa kita memiliki kepribadian yang teliti. Dan efek daripada itu sangatlah besar. Dari mulai saat pendaftaran tidak bingung dan tergesa-gesa.dari segi psikis siap menjalani/mendaftarkan diri. Dan banyak lagi keuntungan dari kepribadian teliti/cermat.

Dan secara umum pastinya ada persiapan-persiapan yang harusnya dilakukan sebelum tes dilaksanakan, berikut tips-tips secara umum sebelum mengikuti tes CPNS :

a) Sebelum dilaksanakanya ujian CPNS, pelajarilah jenis-jenis soal yang sering diujikan. Selanjutnya, melatih diri mengerjakan soal CPNS dalam berbagai bentuk.
b) Setidaknya mengetahui seluk-beluk tentang dinas terkait yang mengadakan ujian seleksi. Tidak lain untuk mempersiapkan diri, mungkin saja pertanyaan-pertanyaan sewaktu ujian mengenai dinas terkait yang dilamar.
c) Melatih diri dengan selalu bersikap positif, jujur, teliti, dan sederhana. Karena ini sangat penting, khususnya untuk menghadapi tes wawancara, karena gerak-gerik dan sikap sewaktu ujian akan dinilai dan mempengaruhi lolos atau tidaknya ujian tersebut.
d) Selalu uptodate, mengikuti berita-berita terkini, baik dengan membaca buku, media visual, media elektronik, maupun media cetak.

Tetapi secra garis besarnya, tetaplah yang pertama adalah niatnya, kemudian usahanya, lalu ikhtiarnya, kemudian tawakkalnya, dengan selalu diimbangi doa’a, lalu kemudian yang terakhir yaitu berserah/pasrah. Dan untuk pelamar pada lingkungan MA harus menyampaikan surat lamaran tertulis. Jangan berfikiran harus hari ini dikirim, tidak usah terburu-buru. Yang terpenting adalah ketelitian nya dalam mendaftar dan melampirkan berkas –berkas yang diperlukan. Dan selanjutnya perlu adanya persiapan secara fisik. Sepeti menjaga kesehatan sampai waktunya ujian tiba. Jangan sampai waktunya ujian, malah jatuh sakit dan akhirnya tidak bisa mengikuti ujian. Itu yang sangat disayangkan. Selain itu juga perlu yang namanya persiapan mental. Maksudnya, dalam hal ini maka kita perlu tanamkan rasa percaya diri sebesar mungkin. Karena itu mempengaruhi tingkat rileks waktu menjalani rangkaian ujian CPNS. Demikian untuk info dan langkah-langkah mengikuti tes CPNS 2017.

Leave a comment



Pos-pos Terbaru

Kategori

edufiowhiteal

EDUFIO Home Tutoring

WA / SMS: 0877 8000 9249
Line: Edufio
support(at)edufio.com

Edufio Tutoring © Copyright 2018 All Right Reserved